Sekilas Tentang Thobieb Al-Asyhar

Dr. Thobieb Al-Asyhar

Thobieb Al-Asyhar adalah Dosen di Program Pascasarjana Universitas Indonesia, Jakarta. Pria kelahiran Grobongan, Semarang, 5 Mei 1973 ini pernah mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren Futuhiyyah, Mranggen, Demak, Semarang selama 6 tahun (1986-1992). Usai menyelesaikan pendidikan di pesantren tersebut, kemudian melanjutkan ke jenjang Sajana di IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta (yang sekarang berubah nama menjadi Universitas Islam Negeri Jakarta), mengambil jurusan Perbandingan Mazhab dan Hukum yang diselesaikannya dengan baik pada tahun 1997. Ditahun kelulusannya itu hingga tahun 1998 Thobieb Al-Asyhar mengikuti Pendidikan Kader Ulama Majelis Ulama Indonesia Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Angkatan ke-4.

Selama menempuh pendidikan di IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, pernah tercatat sebagai Sekretaris Jenderal Senat Mahasiswa di almamater tersebut, serta pernah pula menduduki beberapa posisi-posisi vital lainnya, antara lain: Ketua Divisi Kajian pada Kelompok Studi Piramida Circle Jakarta, Pemimpin Redaksi Buletin OBSESI Forum Studi Islam IAIN Jakarta.

Thobieb Al-Asyhar juga pernah menjabat sebagai Direktur Albiruni Education Consultant dan juga CEDILAC (Center for Dakwah and Islamic Law Consulting). Kegiatan menulis sudah menjadi bagian dari hidup lelaki yang sudah menyandang Doktor ini. Tulisan-tulisannya pernah dimuat pula di sejumlah media, antara lain di Harian Media Indonesia, Harian Terbit, dan di beberapa media-media online seperti portal moeslim-world.co.id, ukhuwah.or.id, bangsaku.com, dan lain-lain.

Berikut adalah beberapa buku karya Thobieb Al-Asyhar:
  • Bahaya Makanan Haram
  • Khadijah Sosok Perempuan Karier Sukses (Kolaborasi dengan Achmad Junaidi)
  • Menuju Era Wakaf Produktif (Kolaborasi dengan Achmad Junaidi)
  • Fikih Progresif (Sebagai Editor)
  • Fikih Gaul
  • Sufi Funky, dan lain-lain
Saat ini Thobieb Al-Asyhar berdomisili di bilangan Cinere, Depok, Jawa Barat.

0 Response to "Sekilas Tentang Thobieb Al-Asyhar"

Posting Komentar